Daftar SegeraPastikan Anda Mengikuti Event Ini

4 Teknik Memimpin Karyawan

Jika jadwal yang Anda cari sudah terselenggara (terlewat). Silahkan hubungi kami untuk permintaan jadwal terbarunya di 0899 812 1246

4 Teknik Memimpin Karyawan

Menjadi seorang atasan bukanlah perkara mudah, banyak yang harus dipikirkan, termasuk soal teknik kepemimpinan dalam mengelola karyawan. Setiap atasan memiliki gaya kepemimpinan yang berbeda-beda dalam mengelola karyawannya.

4 Teknik Memimpin Karyawan

Gaya kepemimpinan bisa diadopsi dari kepribadian Anda atau dari pengalaman yang telah Anda miliki selama menjadi karyawan.

Berikut ini beberapa teknik yang dapat Anda gunakan dalam mengelola karyawan Anda:

Otokratis

Dengan gaya kepemimpinanotokratis, Anda memiliki kekuasaan penuh dalam mengambil keputusan dan memiliki kontrol mutlak dalam mengelola karyawan Anda. Anda dapat memberi perintah kepada karyawan untuk melakukan pekerjaan sesuai dengan yang Anda inginkan. Teknik ini cukup efektif dalam sebuah perusahaan besar untuk mengontrol produktivitas karyawan agar mencapai hasil yang maksimum, atau ketika bisnis berada dalam krisis dan Anda harus cepat mengambil keputusan.

Paternalistik

Dengan gaya kepemimpinanpaternalistik, Anda wajib berkonsultasi dengan karyawan secara teratur dan mempertimbangkan segala aspek maupun pendapat mereka dalam mengambil suatu keputusan untuk kebaikan semua pihak. Teknik ini tidak tepat untuk Anda yang berbisnis di lingkungan yang serba cepat, karena akan memperlambat Anda dalam mencapai suatu keputusan.

Demokratis

Jika Anda memilih gaya kepimpinan yang demokratis dalam mengelola karyawan Anda, Anda berarti menanamkan rasa kepercayaan kepada karyawan Anda. Dalam mengambil suatu keputusan, Anda wajib mendengarkan ide-ide dan saran mereka, serta memberikan kepercayaan kepada mereka dalam melakukan tugasnya. Teknik kepemimpinan ini cukup rentan akan suatu kesalahan, karena belum tentu karyawan yang Anda beri kepercayaan benar-benar mengerjakan tugasnya sesuai dengan harapan Anda.

Hybrid

Anda sadar bahwa tidak semua teknik kepemimpinan dapat berhasil Anda lakukan kepada semua karyawan? Anda dapat menggunakan teknik ini dalam mengelola karyawan Anda, yaitu dengan cara menggabungkan ketiga teknik sebelumnya. Tentu saja jika menggunakan Anda wajib mempelajari karakter atau kepribadian setiap individu karyawan Anda. Tenik ini cukup sulit dilakukan jika jumlah karyawan banyak dan dalam kelompok besar. Tetapi dengan kesabaran, akhirnya Anda akan mendapatkan hasil maksimal.

Jadi, teknik manakah yang cocok Anda terapkan untuk mengelola karyawan Anda?

Silahkan Berbagi :
Jika jadwal yang Anda cari sudah terselenggara (terlewat). Silahkan hubungi kami untuk permintaan jadwal terbarunya di 0899 812 1246