Customer Service Lebih Terampil Secara Otodidak

Dalam sebuah kantor, seringkali ada banyak customer service. Akibatnya tidak semuanya bisa mendapat pendampingan untuk meningkatkan ketrampilannya. Memang, banyak standar baku yang dibuat perusahaan sehingga layanan seorang customer service seolah sama baiknya. Namun, ketika menyangkut karier, maka setiap customer service wajib untuk meningkatkan keahlian secara individual. Apakah Anda termasuk di dalamnya? Bila ya, maka tak ada cara lain untuk bersaing di dalam karier selain memperkaya diri dengan ketrampilan yang sesuai dengan bidang tugas.  Ini dia beberapa cara yang dapat Anda pakai untuk meningkatkan ketrampilan Anda dalam profesi customer service.

  • Ikuti seminar pengembangan diri
    Tenang saja, di luar sana banyak seminar pengembangan diri yang bisa Anda ikuti dengan biaya murah bahkan gratis. Seringkali juga acara launching buku disertai dengan seminar dengan durasi 2-4 jam. Jangan ragu untuk ikut acara semacam ini.
  • Ikuti kursus yang relevan
    Bila Anda ingin lebih terampil tanpa menunggu jadwal pelatihan dari kantor, ikutilah kursus atau pelatihan secara swadaya. Tidak ada salahnya hal ini Anda tempuh. Lebih-lebih bila Anda membidik pelatihan bersertifikat. Ikutlah dan pilihlah lembaga kursus yang terpercaya dan sertfikatnya diakui oleh kantor Anda.
  • Berburu informasi dan artikel
    Internet adalah gudang pengetahuan. Lebih baik Anda memanfaatkan uang dan pulsa Anda untuk mencari informasi yang relevan dengan kebutuhan karier Anda. Masuklah ke situs seperti goarticles.com dan ketikkan kata kunci “customer service skills” maka bakal muncul puluhan artikel yang bermanfaat. Atau, Anda bisa mencari artikel tentang teknik menjawab telepon, menangani keluhan, mengirim surat, dan masih banyak lagi.
  • Carilah mentor
    Jika Ada jenjang karier, maka Anda bisa meminta senior Anda untuk memberikan bimbingan selama Anda bekerja di sana. Jangan ragu untuk bertanya dan mengajak senior untuk memecahkan aneka problem selama Anda menjadi customer service. Hubungan ini secara tidak langsung membentuk relasi antara Anda dan senior layaknya mentoring.
  • Perbanyak membaca buku
    Ada ratusan judul buku yang dapat Anda jadikan referensi. Sisihkan gaji Anda sekitar 100 ribu per bulan untuk membeli dua atau tiga buku seputar customer service.