Layanan Customer Service Virtual

Bisnis Anda bisa jadi saat ini makin besar. Anda memiliki banyak kantor cabang di berbagai kota bahkan negara. Urusan Anda pun makin rumit alias makin beragam dibandingkan yang Anda urus di tahun lalu. Bila sudah demikian, pilihan Anda hanya ada dua: merekrut karyawan untuk menangani urusan bisnis Anda dari hulu sampai hilir, atau pilihan kedua adalah melakukan efisiensi kerja. Anda hanya menggaji orang-orang dengan fungsi yang amat optimal, dan sisanya Anda serahkan pada pihak ketiga. Salah satunya adalah layanan customer service virtual.

 

Apakah itu customer service virtual? Anda mungkin menyamakan jasa ini semacam call center berbayar. Anda tidak salah meskipun sudah pasti customer service virtual lebih dari sekadar penjawab telepon masuk. Customer service virtual menggantikan fungsi customer service sebenarnya. Mereka menangani telepon masuk, keluhan pelanggan, permintaan barang, bahkan memberikan solusi. Customer service virtual adalah layanan profesional dengan perlengkapan dan media komunikasi yang canggih sehingga customer Anda tidak merasa sedang dilayani oleh “orang lain”. Customer service virtual bisa jadi memiliki lokasi kantor berjarak puluhan km dari kantor Anda. Tapi itu tidak masalah. Mereka dalam hitungan sepersekian detik dapat men-deliver telepon dari customer Anda ke ponsel Anda bila memang dia klien kunci Anda.

Customer service virtual terkadang bekerja 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu, bahkan sepanjang tahun. Layanan online seperti penyedia web hosting, toko online, jaringan telekomunikasi selular, atau bahkan jasa kesehatan, keamanan, perbankan, konsultan hukum, dapat saja memanfaatkan layanan customer service virtual ini. Sudah pasti biaya yang Anda keluarkan tidak semahal bila Anda menggaji satu tim khusus yang bekerja secara shift di kantor Anda.

Mahal murahnya sebuah layanan customer service virtual tergantung seberapa lengkap jasa mereka Anda manfaatnya. Beberapa paket layanan yang dapat Anda pertimbangkan adalah:

  • layanan support teknis 24 jam
  • Menjawab telepon masuk dan permintaan layanan
  • Mengelola pemesanan barang
  • Menangani  pengiriman barang
  • Konfirmasi ketersediaan barang, harga dari setiap produk
  • Mengirim dan menerima surat
  • Melakukan fungsi polling dan survei pasar.

Tertarik dengan layanan semacam ini?