Mencari Customer Service yang Handal

Bagaimana memperoleh anggota tim customer service yang andal? Pertanyaan seperti itu menghinggapi ribuan manajer dan business owner di seluruh dunia. Hal ini sedikit banyak memantapkan anggapan bahwa tugas customer service memerlukan tak hanya keahlian khusus tetapi juga attitude yang unik. Nah, bagaimana proses rekruitmen customer service sebaiknya dilakukan? Ini tipsnya.

  1. Buatlah standar deskripsi pekerjaan yang hendak Anda tawarkan.
  2. Susunlah syarat keahlian minimal yang harus dimiliki pelamar
  3. Iklankan lowongan itu di media massa dengan target pembaca yang sesuai dengan target calon karyawan Anda
  4. Seleksilah pelamar sesuai syarat minimal yang sudah Anda tentukan, sisakan sekitar tiga kali dari jumlah karyawan yang hendak Anda rekrut
  5. Tes tertulis kadang tak perlu, jadi Anda bisa fokus langsung pada tes wawancara
  6. Galilah sebanyak mungkin informasi dari si pelamar lewat sesi wawancara
  7. Ukurlah tingkat pemahaman si calon karyawan terhadap bidang tugas Anda
  8. Selidiki pula attitude pelamar dan sesuaikan dengan kriteria Anda.

Lantas, apa yang perlu ditanyakan dalam sesi wawancara? Ini dia yang harus Anda lakukan

  1. Cek kelengkapan dan kebenaran data yang dilampirkan si pelamar. Anda berhak meminta penjelasan detail ketika menemukan sertifikat atau piagam yang dirasa meragukan.
  2. Buatlah pertanyaan terbuka dan bukannya YES dan NO answer. Anda bisa menilai pemilihan kata yang digunakan, setidaknya itu bisa jadi ukuran awal.
  3. Mintalah dia menceritakan dirinya. Jawaban yang baik adalah ketika dia menceritakan secara positif riwayat pekerjaan dan prestasi. Jika dia hanya menceritakan riwayat hidup, itu tandanya dia tidak cukup positif memandang suatu prestasi kerja.
  4. Ujilah dia dengan beberapa pertanyaan sederhana. Misalnya menyebutkan sifat-sifat orang yang dia sukai. Customer service yang profesional bakal melayani semua sifat pelanggan
  5. Gali informasi pelamar soal team work. Customer service menuntut kerja tim, tidak semata-mata keunggulan pribadi. Tes ini bisa dilakukan dengan studi kasus.

Itulah panduan singkat untuk merekrut customer service yang Anda idamkan.