SalesPerson Versi 2.0

Teknologi sudah berkembang sangat jauh. Istilah “2.0” adalah istilah yang dipakai untuk menandai versi terbaru dari teknologi yang sedang berkembang sekarang. Tentu saja kalau kita membaca artikel ini 5 tahun lagi mungkin istilahnya sudah menjadi 10.0!

Lalu apakah yang disebut dengan Salesperson versi 2.0?
Inilah istilah untuk menggambarkan para penjual dan marketer yang mampu memanfaatkan teknologi terkini untuk meningkatkan hasil penjualan dan memperbesar potensi untuk terjadinya pembelian.

Bagaimanakah ciri-ciri mereka? Atau tools apa saja yang dipakai untuk menempatkan diri kita dalam golongan para salesperson versi tercanggih ini?

1. Social Media
Tidak diragukan lagi, Facebook, Twitter, dan berbagai social media lainnya adalah sebuah alat gratis yang bisa menghasilkan banyak penjualan. Anda bisa bertemu LANGSUNG dengan calon pembeli Anda dan menawarkan produk di hadapan mereka tanpa harus pergi menjumpai mereka. Bahkan pengguna Facebook di Indonesia termasuk yang terbesar di dunia. Jadi, jika sebagai penjual Anda belum menggunakan social media sebagai salah satu alat penjualan Anda, maka Anda bisa mulai tertinggal oleh kompetitor Anda.

2. Website dan Search Engines
Pada era sekarang ini, internet adalah “katalog” favorit para pencari produk. Jika mereka kesulitan mencari referensi, internet menjadi alternatif paling cepat dan mudah untuk mereka. Itu sebabnya search engine seperti Google dan Yahoo menjadi sangat vital fungsinya. Ini adalah potensi besar bagi para penjual karena Anda bisa langsung menjumpai sang calon pembeli di saat mereka MEMBUTUHKAN! Tentu saja, kuncinya, Anda harus mampu muncul di dalam search engine ketika mereka mencari produk yang sesuai dengan barang Anda. Para Salesperson 2.0 adalah mereka yang menguasai cara menggunakan Search Engine untuk berjumpa dengan calon pembeli Anda.

3. Email
Email juga merupakan sebuah alat penjualan yang sangat ampuh. Meskipun kini sudah mulai banyak “spam” yang bertebaran dan orang mulai menseleksi ketat daftar email yang masuk ke dalam inbox mereka, namun sebenarnya masih banyak strategi dan tips yang bisa dilakukan untuk berjualan dengan menggunakan email. Bahkan, email bisa dibilang adalah alat penyebar brosur tercepat dan termurah!

4. SmartPhone
Tren pengguna BlackBerry yang meningkat pesan adalah sebuah tren yang bisa dimanfaatkan juga untuk berjualan. Lihatlah sekarang mulai menjamur online shop berbasis BB. Tentu saja, BB bukan melulu bisa dipakai untuk onlineshop, karena Anda bisa menggunakannya sebagai fasilitas Customer Service, Product Branding, dan sebagainya.

5. Software
Dan masih ada berbagai macam software yang bergentayangan di dunia maya yang bisa dipakai untuk mempermudah penjualan yang kita lakukan. Saya sendiri sudah memanfaatkan banyak fasilitas teknologi untuk berjualan. Bahkan persentase saya jualan adalah 70% internet & technology marketing dan hanya 30% traditional marketing (telepon, brosur, iklan, dan semacamnya). Ada sangat banyak software yang bisa membantu Anda.

Tentu saja semuanya kuncinya adalah NIAT BELAJAR. Jika Anda malas, maka cara Anda berjualan semakin lama akan semakin ketinggalan zaman. Teknologi memang pada awalnya tampak rumit untuk dipelajari, namun setelah Anda mampu menggunakannya, teknologi akan sangat mempermudah pekerjaan Anda.

Semoga artikel ini memberikan inspirasi dan pencerahan.

Salam 2.0,
Josua Iwan Wahyudi
EQ Trainer Indonesia