Daftar SegeraPastikan Anda Mengikuti Event Ini

Coaching vs Mentoring Dalam Dunia Kerja

Jika jadwal yang Anda cari sudah terselenggara (terlewat). Silahkan hubungi kami untuk permintaan jadwal terbarunya di 0899 812 1246

Coaching vs Mentoring Dalam Dunia Kerja

Dalam dunia kerja, hampir tidak mungkin sebuah pekerjaan bisa berjalan lancar dalam jangka waktu lama tanpa masalah apapun. Pasti adakalanya seorang pekerja menunjukkan kinerja yang tidak optimal karena masalah yang dialaminya. Itulah sebabnya, seorang HRD ataupun pemimpin divisi wajib memiliki kemampuan coaching dan mentoring agar karyawan yang bekerja di perusahaan bersangkutan mampu menemukan kepercayaan dirinya kembali dan meningkatkan produktivitasnya.

Coaching vs Mentoring Dalam Dunia Kerja

Namun demikian, sebelum menerapkan teknik yang tepat, pahami dulu perbedaan coaching dan mentoring dalam dunia kerja.

Goals
Coaching memiliki tujuan utama meningkatkan kinerja dengan cara mengubah perilaku dan menambah keterampilan yang dimiliki sesuai jabatan yang dimiliki. Dengan peningkatan keterampilan, diharapkan tanggungjawab pekerjaan yang dibebankan bisa ditambah. Tujuan coaching ini sedikit berbeda dengan mentoring yang hanya bertujuan untuk mengarahkan pekerja yang bersangkutan untuk mengenali nilai positif diri dan menciptakan pertumbuhan kinerja.

Fokus masalah
Coaching umumnya bertumpu pada masalah jangka pendek yang dianggap akan langsung memberikan pembelajaran di masa depan, sedangkan mentoring berfokus pada masalah jangka panjang yang umumnya mencakup semua divisi pekerjaan.

Peran
Seorang coach umumnya memiliki pola “telling” yang membutuhkan feedback dari orang yang diajak bicara. Feedback yang diberikan akan membuat arahan kemana seorang coach perlu membimbing karyawan yang bersangkutan.

Durasi pelaksanaan
Teknik coaching dilakukan dalam jangka pendek dengan proses evaluasi yang akan langsung berhubungan dengan karyawan yang mendapat teknik coaching. Hal ini berbeda dengan mentoring yang berlangsung jangka panjang dengan teknik evaluasi yang menyeluruh untuk semua karyawan atau divisi yang berhubungan dengan karyawan yang bermasalah.

Teknik pelaksanaan
Berikut adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan selama coaching dan mentoring.

Coaching

  • Mengumpulkan karyawan yang memiliki masalah dalam sebuah forum diskusi
  • Menjelaskan tujuan dan manfaat dari hasil diskusi sebelum memulainya
  • Mendiskusikan masalah yang dialami secara mendetail dan mencari cara penyelesaian yang paling efektif serta efisien. Namun demikian, untuk kasus-kasus tertentu, seorang coach perlu mempertimbangkan beberapa hal, seperti efek penyelesaian jangka pendek dan jangka panjang untuk perusahaan, pola inovasi yang disarankan karyawan divisi lain, efek untuk divisi lain, dan lainnya.
  • Membuat kesimpulan masalah yang ditekankan untuk segera dilakukan dan diberi deadline untuk memberikan laporan hasil follow up.
  • Memberikan kepercayaan dan keyakinan pada karyawan yang bersangkutan bahwa dirinya pasti bisa melakukan apa yang diinginkan dari hasil coaching.

Mentoring

  • Menggali informasi tentang karyawan yang sedang bermasalah dan mencari tahu motivasi yang bisa meningkatkan kinerjanya.
  • Memberikan target setelah mengetahui motivasi utama karyawan yang memiliki masalah dan memberikan pengertian serta bimbingan bahwa ketika dirinya berhasil, karyawan tersebut akan mendapat apa yang diinginkannya.

 

Jika jadwal yang Anda cari sudah terselenggara (terlewat). Silahkan hubungi kami untuk permintaan jadwal terbarunya di 0899 812 1246