Daftar SegeraJadwal Training Lengkap 2018
Jadwal Training Pelatihan :

Good Corporate Governance Pada Perusahaan Pertambangan dan Migas

Good Corporate Governance Pada Perusahaan Pertambangan dan Migas

Tanggal dan Tempat
23-24 Mei 2011 | Hotel Harris, Tebet, Jakarta

PENDAHULUAN
Perubahan bagi sebagian orang merupakan suatu hal yang menimbulkan kekhawatiran dan perasaan takut. Sedangkan bagi sebagian yang lain, perubahan merupakan suatu tantangan dan peringatan untuk memulai sebuah perjuangan demi kelangsungan hidup manusia. Perubahan seharusnya tidak dianggap sebagai suatu hal yang sulit karena manusia mempunyai kemampuan beradaptasi dan berkontribusi pada perubahan. Hal ini sejalan dengan konsep perubahan (change) pada Good Corporate Governance (GCG).

GCG adalah suatu praktik pengelolaan perusahaan secara amanah dan prudensial dengan mempertimbangkan keseimbangan pemenuhan kepentingan seluruh stakeholders. Dengan implementasi GCG, maka pengelolaan sumberdaya perusahaan diharapkan menjadi efisien, efektif, ekonomis dan produktif dengan selalu berorientasi pada tujuan perusahaan dan memperhatikan stakeholders approach.

Namun GCG seolah masih dianggap barang berbahaya yang dihindari oleh perusahaan. Hal ini karena lemahnya implementasi GCG yang tidak menjadi Corporate Culture. Implementasi GCG yang telah terlaksana dengan baik akan menjadi Corporate Culture perusahaan. Keduanya merupakan konsep yang seiring sejalan dan saling menopang.
Penerapan GCG pada hakikatnya merupakan suatu bentuk change management yang signifikan di perusahaan. Oleh karena itu, pendekatan GCG yang cenderung pada aspek compliance perlu diramu sedemikian rupa menggunakan pendekatan change management, agar perubahan ini dapat menjadi bagian tak terpisahkan dari corporate culture. Hal ini memunculkan fenomena perlunya change management dan GCG dipadupadankan agar menjadi corporate culture.
Konsep change management dan GCG akan dipelajari secara komprehensif dalam Workshop ini, dan teknik menjadikan GCG sebagai bagian integral dari corporate culture. Hal ini penting karena seiring dengan krisis yang terjadi dan di era persaingan global yang terbuka ini, hanya perusahaan yang menerapkan GCG yang dapat tetap bertahan bahkan mampu memenangkan persaingan. GCG merupakan suatu keharusan dalam rangka membangun kondisi perusahaan yang tangguh dan sustainable, serta diperlukan untuk menciptakan sistem dan struktur perusahaan yang kuat sehingga mampu menjadi perusahaan kelas dunia. Adapun narasumber merupakan pakar di bidangnya, pahami secara mendalam dan Start to Change, with GCG Implementation.

TUJUAN
Memberikan pemahaman secara komprehensif mengenai GCG dan konsep change management, dan teknik menjadikan GCG sebagai bagian integral dari corporate culture.

MANFAAT YANG AKAN DIDAPATKAN

  1. Memberikan metode dan arahan untuk menghadapi dan mengelola perubahan dalam perusahaan
  2. Memahami konsep dasar Good Corporate Governance (GCG)
  3. Memberikan pandangan mengenai hubungan antara change management, GCG dan corporate culture
  4. Memahami bagaimana cara mengimplementasikan GCG di perusahaan secara tepat guna dan sasaran;
  5. Memahami cara melakukan assessment GCG
  6. Memahami parameter penyebab terjadinya kegagalan pengelolaan perusahaan sebagai akibat dari bad corporate governance
  7. Memberikan pemahaman yang memadai dan mampu memecahkan masalah yang terjadi dalam praktik implementasi GCG.
  8. Menjadikan corporate culture menjiwai setiap aktivitas individu perusahaan

Day 1 – 23 Mei 2011
Materi
1. GCG Comprehensive Framework, Awareness dan Strategi Implementasinya : `
a. Latar Belakang Penting Inisiatif Good Corporate Governance;
b. Pengertian dan Konsep Good Corporate Governance;
c. Perkembangan Kode dan Prinsip-Prinsip Good Corporate Governance;
d. Corporate Culture Comprehensive Framework Understanding
e. Perangkat Good Corporate Governance;
f. Corporate Culture, Change Management and GCG : Comprehensive Framework;
g. Simulasi Change: Do and Don’t
h. Pengembangan Organisasi: Faktor yang Mempengaruhi Penerapan GCG;
i. Konsep dan Implementasi Good Corporate Governance.

2. GCG Infrastructure:

a. Perspektif Good Corporate Governance;
b. Skema Good Corporate Governance;
c. Legal Governance Models;
d. Skema Organ Perusahaan;

3. GCG Sofstructure
a. Definisi, Urgensi, dan Jenis Soft Structure GCG;
b. Good Corporate Governance Code;
c. Code of Conduct;
d. Board Manual;
e. Charters/Piagam;
f. Standart Operating Procedure (SOP);
g. Skema Evaluasi Softstructure;
h. Faktor Kritikal Penyusunan dan Implementasi Softstructure GCG.

Day 2 – 24 Mei 2011
Materi
1. How to Implement GCG Effectively
a. GCG Strategy Map
b. Tahapan Program Implementasi GCG
c. Tahapan Membangun Infrastructure
d. Tahapan Membangun Softstructure
e. Tahapan Implementasi
f. Tahapan Assessment
g. Rincian Program Kerja dan Timetable
h. Tahapan Evaluasi

2. Metode GCG Assessment dan Self Assessment Checklist :
a. Tahap-Tahap Konseptual Implementasi GCG;
b. Arti Penting Assessment GCG;
c. Assesment Versi KNKG;
d. Assesment Versi FCGI;
e. Assesment Versi Kementerian BUMN;
f. Assesment Versi Bank Indonesia;
g. Assesment Versi Standard and Poor’s;
h. Assesment Versi Australian Stock Exchange;
i. Contoh Publikasi Assessment dalam Annual Report (Case Study)

3. Self Assessment GCG Simulation and How to Become Effective GCG Assessor
a. GCG Self Assessment
b. Teknik Melakukan GCG Assessment
c. Analisis Isu, Data & Informasi
d. Penyusunan Laporan Self Assessment
e. Kriteria Assessor Ideal
f. Hambatan dan Tantangan Assessor
g. Penutup

FASILITATOR
Wilson Arafat SE., MM.
Wilson Arafat mengasah kemampuan leadership-nya di INSEAD, Perancis, salah satu dari universitas paling terkemuka dan terbesar di Eropa, secara konsisten telah menunjukan integritasnya pada bidang GCG dan Corporate Culture, selain stetegik managemen, selama dekade terakhir. Karya-karyanya tidak hanya diakui oleh berbagai lembaga terkemuka di dalam negeri, namun lebih dari itu, diapresiasi pada tingkat internasional. Terakhir, Wilson Arafat monoreh prestasi yang membanggakan sebagai delegasi yang mewakili Indonesia pada ajang  “8th International Conference on Corporate Governance: Corporate Governance and Sustainability”; Previous international conferences organised by the Centre for Corporate Governance Research, Birmingham Business School (23/06/2010). Cristine Mallin, Guru Besar Keuangan dan GCG dari Birminghmam Business School memberikan acungan jempol kepada karya Wilson Arafat dengan menyatakan bahwa pemikiran, strategi dan atau framework yang digagas sungguh menarik; sehingga sangat layak untuk  dijadikan sebagai acuan dalam rangka membumikan GCG pada suatu perusahaan.

Selain itu, Wilson Arafat dikenal sebagai Penulis Profesional. Sejak tahun 1994 hingga saat ini, goresan-goresan penanya telah menghiasi sejumlah media masa seperti, Harian Umum: Kompas, Bisnis Indonesia, Koran Kontan, Investor Daily, Republika, Koran Sindo, Ekonomi Neraca, Suara Karya, Angkatan Bersenjata, Sriwijaya Post, Wawasan, Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia (JEBI) FE UGM, Jurnal Univ. Atma Jaya, Tabloid Rumah, Tabloid Harta dan Tahta, Tabloid Asset, Majalah InfoBank, Majalah Marketing, Majalah Manajemen Usahawan (FE UI), Majalah Pengembangan Perbankan (LPPI), Majalah FKDKPNEWS, Majalah Bank dan Manajemen (Bank BNI), Majalah Kinerja (Bank Sumsel), Majalah Ekonomi Syariah (Universitas Trisakti), Majalah Paras (Bank BTN), BPD Bali News, dll. Wilson Arafat kerap mendapatkan penghargaan, baik pada event di tingkat internasional, seperti dari Birmingham Business School, Inggris dan Trisakti University, Indonesia, maupun dari berbagai lembaga terkemuka di Indonesia pada tingkat nasional, karena ‘aura’, kepiawaian dan ketajamannya dalam menggoreskan pena sebagai, seperti dari: Nokia dan Majalah Marketing; Majalah Bank dan manajemen; LP3ES dan Yayasan Damandiri; Fakultas Ekonomi Universitas; Center for Good Corporate Governance, FE UGM; Bank Indonesia; Bank BNI (mendapatkan dua kali penghargaan) dan Bank BTN. Kiprahnya dalam dunia tulis menulis terus diasah dan kembangkan dengan menjadi wartawan Tabloid Asset (2002-2004), mengasuh kolom Telaah Manajemen Tabloid Asset (2002-2004) dan menjadi Redaktur Majalah Paras (Majalah intern sebuah bank) (2002 hingga saat ini) dan Kontributor Majalah Marketing, Penulis Binus University, dan terakhir menjadi Wakil Pimpinan Redaksi Majalah Pengembangan Perbankan LPPI, bersama Bpk. Krisna Wijaya sebagai Pimpinan Redaksi.

Saat ini, Wilson Arafat aktif sebagai pengamat manajemen bisnis, trainer/fasilitator workshop, in house training dan menjadi nara sumber seminar dan talkshow di beberapa radio serta pernah menjadi dosen tamu pada beberapa universitas terkemuka di Jakarta.

Mohamad Fajri MP., SH., MKn.
Mohamad Fajri MP adalah gabungan dari konsultan, akademisi dan praktisi. Sebagai konsultan, Mohamad Fajri MP pernah bergabung dengan beberapa perusahaan konsultan ternama antara lain: Senior Associate di Firma Sofyan Djalil & Partner, Partner di SHAF Consulting dan Partner Risk & Governance di MUC Consulting Group. Sebagai akademisi, Mohamad Fajri MP adalah dosen di Universitas Trisakti, Universitas Al-Azhar Indonesia, Universitas Darma Persada dan Sekolah Tinggi Ekonomi Islam SEBI. Sebagai praktisi, saat ini menjabat sebagai Head of GCG PT Elnusa Tbk.  Dengan berbagai kesibukannya itu, alumnus Fakultas Hukum Universitas Indonesia dan Magister Kenotariatan Universitas Indonesia ini telah memiliki pengalaman panjang dalam implementasi GCG.
Mohamad Fajri M.P telah menangani implementasi GCG pada berbagai perusahaan dengan multi sektor industri. Tercatat, PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk, PT Jamsostek (Persero), Bank BNI, PT Bukit Asam (Persero) Tbk, PT Elnusa Tbk, PT Perkebunan Nusantara XII (Persero), PT Semen Tonasa, PT Sucofindo (Persero), Bank Muamalat Indonesia, Bank BTN, Bank Syariah Mandiri, PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero), PT Asuransi Jasindo (Persero), PT Krakatau Bandar Samudra, PT Badak NGL, PT Pembangkitan Jawa Bali, PT Angkasa Pura I (Persero) dan PT Transgasindo adalah sejumlah perusahaan yang dibantu oleh Mohamad Fajri M.P.
Mohamad Fajri MP aktif menulis artikel tentang implementasi GCG pada sejumlah media massa. Puluhan artikelnya dapat dinikmati di Harian Bisnis Indonesia, Koran Jakarta, Suara Karya dan Sinar Harapan dimana pemikiran Mohamad Fajri MP dikemas dengan bahasa yang lugas dan membumi. Demikian juga dengan penulisan di website, Mohamad Fajri MP menjadi kontributor aktif untuk HR Centro, FCGI, PT Perkebunan Nusantara V, website Legalitas dan KampoengPenulis.com. Telah menerbitkan buku pertama berjudul ”Smart Strategy for 360 degree GCG” yang ditulis bersama dengan Wilson Arafat. Saat ini sedang mempersiapkan beberapa buku lain di bidang implementasi GCG.
Mohamad Fajri MP juga tercatat menjadi narasumber tentang implementasi GCG di berbagai kesempatan. Tercatat, selama 3 (tiga) tahun terakhir ini Mohamad Fajri MP telah tercatat menjadi narasumber pada hampir 100 (seratus) kali penyelenggaan public and inhouse training.

Biaya
Rp. 4,000,000/peserta

 

Registrasi Tidak Mengikat
  1. Judul Training di atas bisa dijadikan sebagai topik INHOUSE TRAINING. Jika Anda membutuhkan bantuan free konsultasi bisa hubungi 0851-0197-2488/ 0899-812-1246
  2. (required)
  3. (valid email required)
  4. (required)
  5. (required)
  6. (required)
  7. (required)
  8. Mohon untuk tidak memesan tiket perjalanan / akomodasi penginapan sebelum ada kepastian training akan berjalan.
  9. (valid email required)
  10. PENTING : Harga dan Silabus Training sewaktu-waktu bisa berubah. Disesuaikan dengan kondisi terakhir. Jadi MOHON baca email PENAWARAN yang dikirimkan dari Mitra Info Seminar
 

cforms contact form by delicious:days

Silahkan Berbagi :
Jika jadwal yang Anda cari sudah terselenggara (terlewat). Silahkan hubungi kami untuk permintaan jadwal terbarunya di 0899-812-1246