Daftar SegeraPastikan Anda Mengikuti Event Ini

Mendongkrak Kemampuan Project Manager Menangani Proyek IT

Jika jadwal yang Anda cari sudah terselenggara (terlewat). Silahkan hubungi kami untuk permintaan jadwal terbarunya di 0899 812 1246

Jika Anda diminta menyebutkan proyek yang makin marak selama lima tahun terakhir, maka bisa jadi Anda akan sepakat bahwa proyek IT sedang marak. Entah di instansi swasta mau pun lembaga pemerintah, proyek IT memang sedang booming. Proyek IT secara umum dapat dikelaskan ke dalam dua kelompok, yakni proyek jasa dan proyek pengadaan barang.

Bagaimana dengan skill project manager Anda? Apakah mereka orang lama yang saat ini mau tidak mau mengelola proyek hi-tech ini? Atau memang terdiri dari anak-anak muda yang pengetahuan IT-nya oke tapi skill mengelola proyek masih perlu banyak belajar?

Sebagai seorang project manager, kemauan mengelola aneka proyek memang sebuah keharusan. Selain piawai berkoordinasi lebih intensif dengan para pihak yang berkepentingan atas proyek itu sendiri, mereka juga dituntut untuk memiliki kemampuan mengintegrasikan seluruh kompetensi teknis yang dimilikinya. Harga pengadaan barang seringkali sulit untuk “dimainkan” karena harga produk IT sudah sedemikian terbuka. Jadi, dari sisi mana Anda dapat meraih laba? Nah itu juga salah satu skill yang wajib dimiliki seorang project manager saat mengelola proyek IT.

Setidaknya ada berbagai elemen yang menentukan apakah Anda bakal goal saat berburu proyek IT. Elemen itu adalah perangkat keras (hardware), piranti lunak (software), integrasi sistem, komunikasi, manajemen risiko, dan tentu saja sumber daya manusia.

Seorang Project Manager beserta  anggota tim wajib hapal luar kepala terutama soal fase daur hidup proyek. Pastikan Anda sudah mendiskusikan secara detil hal itu sehingga dapat memadukan pengetahuan mengelola proyek, pengalaman riil, tehnik, dan metode serta alat yang tepat untuk mengelola setiap tahapan proyek IT.

Seorang project manager yang ditunjuk sebagai orang nomor satu di proyek IT wajib paham hal-hal berikut ini: pertama, dia wajib tahu dan paham komponen dan peran manajemen proyek Teknologi Informasi, kedua, dia memiliki kecakapan mengembangkan tim manajemen proyek yang solid dan berkinerja tinggi. Ketiga, secara teknis mampu menyusun rencana dan program untuk mengelola proyek dan menyusun anggaran dan menyediakan pembiayaan proyek.

Syarat lain, seorang project manager juga harus cakap mengelola dan menjalankan strategi yang tepat atas resiko proyek, mengidentifikasi peluang dan ancaman serta menilai bobotnya dalam proyek, mengendalikan dan menyelesaikan proyek, dan menemukan solusi untuk semua masalah yang berkaitan dengan proyek.

Silahkan Berbagi :
Jika jadwal yang Anda cari sudah terselenggara (terlewat). Silahkan hubungi kami untuk permintaan jadwal terbarunya di 0899 812 1246