Daftar SegeraPastikan Anda Mengikuti Event Ini

Menjadi Customer Service Online yang Profesional

Jika jadwal yang Anda cari sudah terselenggara (terlewat). Silahkan hubungi kami untuk permintaan jadwal terbarunya di 0899 812 1246

Menjadi Customer Service Online yang Profesional

Bidang tugas seorang customer service tidaklah mudah. Keahlian dan modal yang dibutuhkan seorang customer service meliputi kesabaran, sikap yang baik, suka membantu, memiliki etiket, mampu memecahkan masalah secara cepat, dan bisa menjadi pendengar yang aktif. Seorang customer service juga wajib terampil menangani telepon multi line, mengirim dan menerima surat baik yang terkirim via pos maupun secara online via internet, menjawab pertanyaan, keluhan, dan pengaduan pelanggan dan menangani file.

Menjadi Customer Service Online yang Profesional

Bagaimana pun juga keterampilan Anda dalam berinteraksi dengan customer adalah bagian penting dari sikap profesionalitas seorang customer service. Pelatihan untuk customer service dapat membantu Anda mencapai standar minimal keahlian yang harus dikuasai customer service.

Khusus untuk customer service Anda yang menangani interaksi online, Anda dapat memberikan pelatihan yang sesuai. Bagaimana pun juga ada berbagai ketrampilan khusus yang harus dipunyai seorang customer service online yang berbeda dengan customer service tatap muka. Berikut ini beberapa ketrampilan khusus yang wajib dimiliki seorang customer service online:

Sapa pembuka: Setiap mengangkat telepon, ucapkan salam dan perkenalkan diri dengan menyebutkan nama si customer service dan perusahaan maupun divisi di dalam perusahaan tersebut. Setiap perusahaan wajib membuat standar salam pembuka yang diucapkan oleh semua customer service ketika mengawali interaksi online.

Berbicara efektif dan efisien: aturlah kalimat tanya dan jawaban secara efektif. Hindari menggunakan anak kalimat. Hal ini dapat perusahaan Anda susun sebagai sebuah standar. Bila perlu mintalah seorang ahli bahasa untuk menyusun berbagai kemungkinan pertanyaan yang perlu ditanyakan oleh customer service. Berbicara efektif termasuk juga menghindari kata-kata penyela seperti hemm, oke, baiklah, dan semacam itu. Kata-kata penyela selain membuat pembicaraan semakin panjang juga mengganggu ketika Anda mendengar ulang pembicaraan yang dilakukan customer service.

Menangani keluhan: kecerdasan emosional wajib dimiliki seorang customer service online. Jangan berharap customer yang menghubungi Anda adalah orang yang ramah 100%. Justru telepon terbanyak yang masuk adalah customer yang merasa kecewa, terganggu, maupun telah merasa tidak mendapat layanan semestinya. Atur nada bicara Anda agar tetap tenang, tidak meninggi dan ramah.

Sapa penutup: ucapkan salam penutup secara seragam untuk seluruh tim customer service Anda. Jangan lupa untuk selalu mengucapkan terima kasih.

Silahkan Berbagi :
Jika jadwal yang Anda cari sudah terselenggara (terlewat). Silahkan hubungi kami untuk permintaan jadwal terbarunya di 0899 812 1246