Penilaian Kinerja Berbasis KPI

Penilaian Kinerja Berbasis KPI
Matering KPI Designing, Implementing, and Monitoring Of Key Performance Indicator

Tanggal
24 Juni  2013

Waktu
Pkl 09 .00-17 .00 WIB

Tempat
Bidakara / FX Harris Hotel /Apt. Batavia

Investasi
Full Fare 29-30 April 2013 : Rp 3.500.000,-
Early Bird 15 April 2013 : Rp 3.200.000,-

Latar Belakang
Mencapai target terpenting perusahaan secara sempurna adalah tugas utama manajemen. Kegiatan tersebut dimulai dengan menyusun pilihan strategi yangtepat dengan mengindentifikasi target-target yang jelas,“ key activity” yang relevan beserta ukuran-ukuran kinerja baik di tingkat organisasi, divisi sampai dengan unit terkecil serta mengembangkan sistem monitoring yang membangkitkan semangat team untuk menang.

Mengelola kinerja perusahaan dan menyelaraskannya dengan kinerja individu karyawan tak pelak lagi merupakan salah satu elemen penting bagi kesuksesan organisasi. Akan tetapi, dalam kenyataannya mengintegrasikan kinerja perusahaan dengan kinerja individu bukan merupakan proses yang mudah; dan karenanya diperlukan sejumlah pendekatan yang
sistematis untuk mengelolanya.

Namun sayangnya, dalam penentuan KPI banyak kendala terjadi antara lain kurang optimalnya KPI yang mereka pilih, kesalahan dalam menentukan KPI, tidak selarasnya antara sasaran/target dengan KPI yang dipilih, antara main KPI, Sub KPI (penghalang KPI Utama) dan KPI-KPI di kegiatan proses.
Kemudian, setelah KPI ditentukan, maka tugas selanjutnya adalah bagaimana mengeksekusinya dengan mensinergikannya dengan sistem / proses dan manusia di organisasi. Rencana kerja yang baik tentu penting, namun yang juga tidak kalah pentingnya adalah eksekusi yang hebat untuk memastikan pencapaian tujuan dan target yang telah disusun.

Dalam sesi ini akan dibahas bagaimana membuat setiap aksi di lapangan berujung kepada kesuksesan, mencegah
kegagalan bahkan menghilangkan kata gagal itu sendiri.

Tujuan

  1. Membimbing Anda memilih tujuan penting dari yang terpenting yang selaras satu dengan yang lain.
  2. Membimbing dengan menunjukkan bagaimana membuat pengukuran, indikator keberhasilan dari sebuah tujuan.
  3. Membimbing Anda bagaimana membuat action yang mampu mempengaruhi banyak aspek dengan sedikit tindakan.
  4. Mendapatkan komitmen dari team kerja dan berkaloborasi secara efektif untuk menentukan tugas & perilaku yang mengikat team kerja dalam pencapaian tujuan.
  5. Melibatkan team mengidentifikasikan hambatan, tantangan & rintangan dalam mencapai tujuan & menentukan strategi bersama untuk mengatasinya.
  6. Mengembangkan budaya eksekusi yang akan menghantarkan organisasi mencapat tujuan yang ditentukan.
  7. Mengarahkan Anda bagaimana mensinergikan antara tujuan yang telah dibuat, sistem yang ada, proses yang harus dibuat, dan orang-orang yang harus dilibatkan.

Bonus Buku Execution Champion : Bagaimana Disiplin Menggerakan Organisasi Anda, karangan fasilitator

Materi / Agenda
I . Seting KPI

  • Mengenal model Pendekatan Integratif dalam Mengelola Kinerja Perusahaan : Corporate, Division/Department and Individual Scorecard
  • Menerjemahkan Visi, Misi dan Value perusahaan ke dalam target-target kerja
  • KPI sebagai bagian dari Manajemen Kinerja
  • Menurunkan (Cascading Process) Sasaran Kinerja Perusahaan ke Level Divisi/Departemen
  • Memperkenalkan metode untuk melakukan identifikasi Key Performance Indicators dari beragam fungsi dalam perusahaan
  • Beberapa kesalahan umum penentuan KPI
  • Jenis-jenis KPI
  • Leading Indicator
  • Lagging Indicator
  • Teknik membedakan metrik yang merupakan KPI dan bukan KPI
  • Metode dan Teknik mengiden???? fi kasi KPI (bagian HR, Training, Recruitment, keuangan, pemasaran dan sales, produksi, perawatan/maintenance, operasional, dan lain-lain)

II. Eksekusi KPI

  • Mengenali 8 hambatan dalam rangka pencapaian tujuan organisasi
  • Meningkat Kapabilitas Eksekusi Team
  1. Fokus Kepada Tujuan Strategis danTerpenting
  2. Bertindak Sesuai dengan Aktivitas Kunci
  3. Memonitor Score pencapaian
  4. Aligment dan teamwork sebagai kekuatan utama
  5. Membangun Akuntabilitas / tanggung jawab dan komitmen Team Kerja
  6. Mengembangan budaya eksekusi team pemenang

Metode Pelatihan
Interaktif dimana peserta dengan bimbingan fasilitator membahas halhal yang bersifat praktis dan studi kasus serta membahas permasalahan yang sering dihadapi para peserta.

Fasilitator
Drs. Jack Alenzo, MM, MH
Drs. Jack Alenzo MM. MH, adalah senior konsultan .Sebelumnya beliau adalah praktisi senior HR Manager di beberapa perusahaan multinasional seperti FMC, DuPont, Samsung dan Alstom, termasuk di Total E&P Indonesie.

Ia memilki latar belakang pendidikan di bidang Manajemen. Tesis keduanya di Bidang Hukum Bisnis pada Universitas Gajah Mada. Disamping itu dia juga memperoleh sertifikasi Bisnis Management Bidang Sumber Daya Manusia dari Prasetya Mulya Business School, Sertifikasi Building Management dari FT Universitas Indonesia. Oleh ILO Jakrta, dia ditunjuk sebagai Master Trainer untuk project Pengembangan Kerjasama antara Perusahaan dan Manajemen (Employee and Management Cooperation).

Saat ini banyak memberikan training dan workshop baik kelas public / umum maupun in-house yang berkaitan dengan pengembangan sistim manajemen sumber daya manusia, kepemimpinan, pengembangan organisasi serta konsultasi / program pendampingan di bidang yang sama. Di sela waktu luangnya, penglaman sebagai praktisi dan konsultan telah dituangkan kedalam buku karangan yang berjudul Execution Champion : bagaimana budaya disiplin menggerakan organisasi.

Klien yang sudah pernah dibantu dalam pelatihan pengembangan management dan sumber daya manusia, antara lain: Samsung Electronics, DuPont Indonesia, Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bekasi, Akzo Nobel, Showa Indonesia, LG Electronics, Panasonic Display Devices, Mulia Industri Group, Infomedia Nusantara, Bakrie Telecom, Wijaya Karya, Citra Turbindo, Rumah Zakat Indonesia, Bosowa Group, Berca Hardaya Perkasa, Mulia Hotel, Otsuka Indonesia, Disc Tarra, Puskris Fak. Psikology UI, ILO Jakarta, Hitss SDN, Honda Motor, Nissan Motor, Hyundai Motor Sales, Yayasan Dana Pensiun Telkom, Agro Harapan Lestari, Pertamina Retail, Pertamina, Yamaha, Sucofindo, Sinar Sostro, Enkai Indonesia, Chevron, IBM, KIEC (Krakatau Steel Group), PLN, Kemenkeu, Kemenhub, Ditjen Pajak dan lain-lain.

Registrasi Tidak Mengikat
  1. Judul Training di atas bisa dijadikan sebagai topik INHOUSE TRAINING. Jika Anda membutuhkan bantuan free konsultasi bisa hubungi (021) 27972488 / 08998121246
  2. (required)
  3. (valid email required)
  4. (required)
  5. (required)
  6. (required)
  7. (required)
  8. Mohon untuk tidak memesan tiket perjalanan / akomodasi penginapan sebelum ada kepastian training akan berjalan.
  9. (valid email required)
 

cforms contact form by delicious:days

Di akses dari kata kunci :
  • jadwal prasetya mulya 2014 penilaian kinerja unit
  • workshop penilaian kinerja unit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>