Daftar SegeraJadwal Training Lengkap 2018
Jadwal Training Pelatihan :

Pentingnya Mengelola Time Management

Pentingnya Mengelola Time Management

Waktu adalah suatu yang bergerak dari satu sisi ke sisi lainnya, yang menyebabkan adanya perbedaan pagi dan petang, siang dan malam, hari ini dan hari esok. Waktu merupakan indicator seseorang dalam melakukan sesuatu secara tepat waktu, terlalu cepat, atau terlambat. Waktu menjadi acuan kita dalam setiap apa pun yang kita kerjakan.

Pentingnya Mengelola Time Management

Pada dasarnya, waktu yang dimiliki semua orang itu sama, ialah 24 jam sehari. Tidak ada yang memiliki kuantitas waktu yang berbeda, meskipun terpisah dalam beberapa tempat yang tidak sama. Namun, pada nyatanya, yang membedakan waktu tersebut ialah kualitas waktu yang dimanfaatkan setiap orang. Secara kuantitas, waktu memang sama di mana pun. Namun, secara kualitas, waktu memiliki keunggulannya masing-masing, bergantung pada sepintar apa pengguna waktu memanfaatkannya.

Diperlukan pengaturan waktu, atau manajemen waktu untuk menjadikan waktu bergerak tidak hanya secara kuantitas, melainkan kualitas. Pengaturan waktu tersebut biasa disebut sebagai time management. Time management adalah kemampuan untuk mengatur waktu dengan sebaik dan seefektif mungkin, agar sesuai dengan segala bentuk aktivitas yang dilakukan dalam seharian penuh. Sejatinya, waktu setiap orang dalam satu, bahkan lebih dari satu hari ialah sama; selalu berkelipatan 24 jam. Jadi, secara kasat mata, setiap orang seharusnya bisa melakukan hal yang sama. Akan tetapi, yang membedakan hal tersebut ialah time management.

Orang yang satu akan berbeda dengan orang yang lainnya dalam hal pemanfaatan waktu. Semua bergantung dari secermat apa mereka mengatur waktu yang sama-sama selama 24 jam dalam sehari itu. Prinsip prioritas sangat diperlukan di sini. Orang yang beraktivitas dengan memandang skala prioritas, tidak akan secara acak menjalankan waktunya, karena tahu akan ke mana setiap aktivitas kesehariannya pada akhirnya membawanya di akhir; entah itu berupa keberhasilan atau justru kegagalan. Dengan skala prioritas, tentu orang akan menghindari kegagalan tersebut.

Time management sendiri memiliki beberapa poin penting, di antaranya:

  1. Penetapan; merupakan langkah pertama dalam melakukan sebuah perencanaan.
  2. Pengaturan; merupakan aspek penting Karen sifatnya yang mengatur, menjadikan segala sesuatu menjadi teratur dan tidak tercecer berantakan.
  3. Pemilihan; merupakan suatu tindakan untuk memutuskan mana yang lebih baik untuk dilakukan dan mana yang lebih baik tidak dilakukan sama sekali.
  4. Pemutusan; merupakan langkah selanjutnya yang harus direalisasikan setelah adanya pemilihan atas suatu hal.
  5. Kualitas; merupakan aspek yang harus diperhatikan ketika menyangkut hal-hal penting. Ialah berupa nilai dari suatu hal.
  6. Tenaga; merupakan factor yang sangat penting dalam menunjang dilakukannya time management, agar dapat berjalan dengan sebagai mana mestinya, seperti yang diinginkan.
  7. Efektivitas; merupakan suatu hal yang harus dipertimbangkan secara saksama dalam menyeragamkan perencanaan dengan hasil.
  8. Produktivitas waktu; merupakan poin penting, dimana pengatur waktu dapat mempertimbangkan dengan cermat, seberapa banyak waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan hasil yang semaksimal mungkin, yang diinginkan.

Sedemikian pentingnya mengelola time management, agar pada akhirnya hasil yang didapatkan dapat menjadi kepuasan, baik terhadap diri sendiri maupun orang-orang lain di sekitar, yang terlibat dalam aktivitas tersebut.

Terlebih jika peranannya dalam sebuah perusahaan, maka setiap aktivitas yang dilakukan dengan maksud untuk mewujudkan sebuah hasil, ialah tentunya menjadi konsentrasi banyak pihak. Di sinilah sangat pentingnya mengelola time management, agar benar-benar mendapatkan hasil yang berkualitas dari pengelolaan waktu yang seefektif mungkin.

Silahkan Berbagi :
Jika jadwal yang Anda cari sudah terselenggara (terlewat). Silahkan hubungi kami untuk permintaan jadwal terbarunya di 0899-812-1246