Teknik Self Healing Saat Stres Kerja Mulai Melanda

Teknik Self Healing Saat Stres Kerja Mulai Melanda

Tahukah Anda, stres yang muncul saat bekerja bisa memicu banyak masalah yang merugikan, tidak hanya bagi diri sendiri tetapi juga orang lain? Untuk menghindarinya, Anda bisa melakukan teknik self healing yang bisa dilakukan kapanpun tanpa perlu biaya mahal.

Dengar musik
Mengurangi stres yang dialami selama bekerja dalam waktu singkat bisa dilakukan dengan cara mendengar musik dari beragam genre yang disukai. Anda bisa mengerjakan pekerjaan dengan memasang earphone atau memutar speaker dengan irama pelan didalam ruangan kerja. Lakukan cara ini, saat Anda merasa kekurangan inspirasi atau motivasi untuk mengerjakan pekerjaan. Metode ini diyakini meningkatkan potensi relaksasi otot dan saraf yang mengalami ketegangan.

Teknik Self Healing Saat Stres Kerja Mulai Melanda

Penuhi gizi diri
Pernahkah Anda menyadari, suasana moody yang dialami saat bekerja bisa terjadi ketika tubuh Anda kekurangan nutrisi yang diperlukan untuk aktivitas otot dan saraf otak? Seringkali hal ini terjadi ketika Anda salah makan atau makan diluar dengan menu yang berlebihan. Oleh karena itu, perhatikan betul nutrisi makanan yang dikonsumsi saat istirahat siang dan menyeimbangkannya dengan aktivitas rutin yang dilakukan saat di kantor. Dengan cara ini, stamina Anda bertambah dan resiko stres akan terminimalisir.

Lepaskan diri dari rasa bersalah
Saat melakukan pekerjaan dengan sistem grup atau team, seringkali terjadi perbedaan pendapat atau pola tingkah laku yang berakibat pada munculnya rasa bersalah, saat seorang karyawan merasa menyinggung karyawan lainnya. Rasa canggung yang muncul dikemudian hari secara umum akan menghambat profesionalitas kerja dan menimbulkan stres psikis. Oleh karena itu, salah satu teknik self healing yang bisa dilakukan adalah membebaskan diri dari segala rasa bersalah sejak awal dengan membuat beragam kesepakatan antar anggota team dan menerapkan sistem komunikasi dua arah yang konsisten.

Beri sugesti positif
Ketika Anda mulai merasa kehilangan rasa percaya diri saat melakukan pekerjaan, beri sugesti positif pada diri Anda dan cobalah bangkitkan intuisi serta motivasi yang dimiliki dengan memahami peran jabatan yang Anda pegang untuk orang lain. Anda bisa memberi sugesti dengan menggunakan kalimat penyemangat seperti, “kalau mereka bisa, saya pasti bisa,” “pekerjaan ini tak sulit dilakukan,” “ini rutinitas saya, tak butuh waktu lama untuk menyelesaikannya,” dan beragam kalimat sugesti yag terpikir dalam benak Anda.

Berdoa
Dalam self healing, kekuatan doa dianggap penyemangat tertinggi yang menghindarkan seseorang mengalami stres kerja berkepanjangan. Anda bisa meluangkan waktu untuk menjalankan ibadah sesuai agama yang dimiliki dan berdoa sebelum maupun sesudah melakukan aktivitas penting. Kebiasaan untuk berserah diri pada sang pencipta akan membantu memberikan ketenangan jiwa yang membantu Anda memfokuskan diri selama bekerja. Dengan melakukan beragam teknik diatas, stres akibat tekanan kerja yang terjadi akan bisa diatasi dengan baik.