Daftar SegeraJadwal Training Lengkap 2018
Jadwal Training Pelatihan :

Tips Agar Tidak Canggung Saat Presentasi di Depan Banyak Orang

Tips Agar Tidak Canggung Saat Presentasi di Depan Banyak Orang

Kita sering dipercaya untuk bisa mengerjakan suatu project atau menyampaikan ide pada klien dan bos. Kadang hal ini bisa membuat kita merasa minder dan grogi ya?
Memang tak semua orang bisa dan biasa bicara di depan umum. Bahkan beberapa pembicara pun bisa grogi saat berada di depan orang banyak. Padahal apa yang kita sampaikan sebaiknya tampak meyakinkan agar bisa diterima oleh mereka.
Nah, agar Anda tak merasa canggung, yuk cobain beberapa tips berikut ini:

Kuasai materi anda
Cukup pahami apa yang akan Anda sampaikan. Kalau Anda memang mengerjakannya sendiri, maka Anda akan menguasai materi tersebut dengan mudah.
Kunci agar Anda bisa menyampaikan dengan baik adalah dengan memahami, bukan menghafalkan. Dengan cara ini Anda bisa menyampaikan dengan lebih luwes dan tidak kaku.

Latihan
Kalau Anda memang kesulitan, coba latihan presentasi. Bila perlu, ajak beberapa teman Anda untuk menemani. Karena dengan cara ini Anda bisa memperkirakan apa yang akan ditanyakan oleh audience.
Selain itu Anda juga bisa mempelajari gesture atau bahasa tubuh dan mimik wajah Anda. Bicara Anda pun akan jauh lebih lancar.

Sesuaikan bahasa dan bahasan
Kalau salah sasaran bisa-bisa presentasi Anda gagal dan tidak menyenangkan untuk disimak. Anda tak mungkin menggunakan bahasa yang berat untuk anak sekolah. Atau menggunakan bahasan bisnis high end untuk kalangan mid end.
Latihan juga memandang tak hanya pada satu sudut pandang, karena mungkin yang akan Anda hadapi adalah audience dalam ruangan sedang yang mana Anda bisa melihat jelas wajah dan mata mereka. Eye contact sangat bisa membantu performa Anda.

Bicara dengan teratur dan perlahan
Jangan tegang, santai dan take your times. Cara ini bisa membuat Anda lebih rileks dalam menyampaikan sesuatu. Orang juga bisa mengerti apa yang Anda maksud karena Anda tak terkesan bicara dengan gaya ‘kumur’kumur’ atau terlalu cepat.
Ingat bahwa reaksi orang akan berbeda-beda dan akan muncul di saat yang mungkin tak kita duga. Stay calm dengan apapun reaksi orang, namun tetap siap dan sigap saat Anda harus melakukan suatu tindakan.

Siapkan keperluan anda
Jangan lupa siapkan semua yang Anda butuhkan saat presentasi. Kesiapan macam ini juga bisa membuat Anda lebih dihargai dan meningkatkan antusiasme orang di hadapan Anda.
Misalnya persiapan materi, teknis dan pertanyaan atau jawaban yang perlu Anda gunakan saat presentasi berlangsung nanti.
 
Pakaian
Jangan gunakan sembarang pakaian hanya untuk memunculkan identitas karena hal itu tak selalu berhasil.
Dress to impress, karena dengan cara ini Anda bisa membuat orang terpusat perhatiannya pada Anda.

sumber :  vemale.com

Silahkan Berbagi :
Jika jadwal yang Anda cari sudah terselenggara (terlewat). Silahkan hubungi kami untuk permintaan jadwal terbarunya di 0899-812-1246