Jadwal Training 2024

Training Pengelolaan Keamanan Pangan Berbasis HACCP

 

Training 2024
Training 2024

Training Pengelolaan Keamanan Pangan Berbasis HACCP

Training Pengelolaan Keamanan Pangan Berbasis HACCP dengan Sertifikasi BNSP – HACCP, singkatan dari Hazard Analysis and Critical Control Point, telah terbukti sebagai pendekatan yang efektif dalam mengidentifikasi dan mengelola potensi bahaya dalam proses produksi pangan. Metode ini dirancang untuk mengurangi risiko-risiko yang dapat timbul dari berbagai faktor, seperti proses produksi, peralatan, dan keterlibatan pekerja.

Indonesia, sebagai salah satu negara penghasil pangan terkemuka, menghadapi tantangan besar terkait dengan keamanan pangan. Tingginya risiko ini menekankan pentingnya fokus yang serius terhadap keamanan pangan, sebagai respons terhadap kasus keracunan makanan yang sering terjadi di masyarakat.

Penerapan HACCP tidak hanya menjadi keharusan dalam industri pengolahan pangan, tetapi juga telah terbukti berhasil dalam mengurangi insiden kecelakaan pangan. Sistem ini diadopsi secara luas, baik di pasar domestik maupun internasional, sebagai langkah kritis untuk memastikan bahwa setiap tahap dalam produksi pangan dipantau dengan ketat.

Sertifikasi HACCP oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) tidak hanya mengamankan standar nasional, tetapi juga memungkinkan produk pangan Indonesia untuk bersaing di pasar global dengan reputasi yang terjaga baik. Dengan demikian, implementasi HACCP tidak hanya menjamin keamanan konsumen tetapi juga mendukung keberlanjutan industri pangan di Indonesia.

Unit kompetensi yang diujikan mengacu pada SKKNI No. 618 Tahun 2016 tentang penetapan SKKNI Kategori Industri Pengolahan Golongan Pokok Industri Makanan Bidang Keamanan Pangan mencangkup :

  1. Melaksanakan Program dan Prosedur Keamanan Pangan
  2. Mengelola Program Audit/Inspeksi/Asesmen Keamanan Pangan
  3. Melakukan Pelatihan Keamanan Pangan
  4. Memantau Pelaksanaan Program Mutu dan Keamanan Pangan
  5. Mensupervisi Rencana Keamanan Pangan
  6. Melakukan Verifikasi Program Pendukung Keamanan Pangan
  7. Mengembangkan Rencana Keamanan Pangan Berbasis HACCP dan berpartisipas dalam Tim HACCP

Berikut Merupakan Beberapa Persyaratan untuk Mengikuti Training :

Bagikan:

KONTAK CEPAT

Tags

Avatar photo

 

Jika ada kebutuhan Inhouse training atau kelas khusus silahkan hubungi 0851-0197-2488 / 0899-8121-246 Petrus Soeganda. Untuk mengundang Petrus Soeganda sebagai Pembicara Internet Marketing

Chat dengan kami
CV INFO SEMINAR
0899-8121-246