Jadwal Training 2024

Storytelling Slidedeck

“The most powerful person in the world is a storyteller”
-Steve Job

Merancang slide yang bercerita memerlukan beberapa komponen-komponen penting antara lain Plot, Character, Twist dan Resolution (Ending)–selain itu agar slide kita menggema (resonate) perlu sentuhan visual, narasi dan data.

Pelatihan Powerpoint Storytelling Slidedecks dimulai dari merangkai Storyboard, menyusun alur presentasi layaknya membuat skenario cerita. Pada Microsoft Powerpoint, Storyboard dituliskan sebagai Outline View dan Note Pages.

Sesi berikutnya dari program ini adalah merancang Slide– termasuk pemilihan Font, Warna dan Latar, pemilihan warna slide layout dan latar yang sesuai dengan tema, ini sama dengan menentukan setting lokasi cerita, pemandangan dan ornamennya.

Sesi kunci pada program ini adalah membuat slide Plot, suatu aliran (alur) untuk menempatkan unsur Character, Twist dan Ending. Membuat Plot atau Alur cerita umumnya dimulai dari Tempat dan Waktu, dan dibagian awal ini juga Slide akan menampilkan garis besar isi dari keseluruhan cerita (Judul cerita/ Topik presentasi). Setelah menampilkan setting, Alur cerita berlanjut dengan memunculkan Tokoh (Character), kemudian–cerita berlanjut ke keseruan-keseruan, berupa konflik, masalah dan diakhiri dengan resolusi.

Di bagian ini peserta berlatih bagaimana menggunakan ChatPT dan Midjourney untuk menciptakan komik (graphical novel)

Bagian penting kedua adalah Teknik presentasi berbasis cerita, bagaimana seorang presenter menggunakan exposition untuk mengawali cerita agar hormone oxytocin terlepas yang membuat audience fokus. Teknik presentasi penting lainnnya adalah bagaimana “menemukan” cerita pada presentasi yang telah dibuat sebelumnya.

Bergabunglah dengan ribuan orang yang sudah menikmati dan belajar seri optimalisasi Microsoft Powerpoint bersama Earlando, yang sudah memberikan pelatihan sejenis sejak 2006.

Agenda:

  1. Storytelling principles, prinsip-prinsip cerita–termasuk sifat dan elemen cerita,
  2. Powerpoint Aftermatch, 6 teknik dasar Microsoft Powerpoint (Slide design, Slidemaster, Formatting, Animation, Slideshow, Option dan Toolbar),
  3. Slide design, menguasai disain slide termasuk tema, pewarnaan dan latar,
  4. Storyboarding, membuat alur cerita menggunakan Slide outline,
  5. Membuat cerita dan gambar (tokoh, rangkain cerita-komik) menggunakan ChatGPT dan Midjourney,
  6. Menampilkan keseruan (Twists) menggunakan Storytelling Toolbar pada Microsoft Powerpoint,
  7. Merangkai Infografis berbasis cerita menggunakan Advanced Animation,
  8. Teknik bercerita dengan Data menggunakan Microsoft Powerpoint.

Tanggal
31 Agustus 2023
15 September 2023
26 Oktober Oct 2023
17 November 2023
15 Desember 2023

Jam
09.00-15.00 WIB

Investasi
Rp 2.250.000
Harga tidak termasuk pajak

Facilitator Storytelling Slidedeck
Ady A Subagya,
Lokakarya ini dipandu oleh Ady Subagya yang sudah memberikan pelatihan MS Powerpoint sejak 2006 dan telah diikuti oleh k.l 1500 orang. Kelas in-house sudah diadakan di Indosat, Bakrie Telkom, Garuda Indonesia, Nestle, Esia, Gramedia, Bank Mandiri, BNI, BRI, BI, OJK, Garuda Indonesia, Sampoerna, Unilever, BCA dll.

Chat dengan kami
CV INFO SEMINAR
0899-8121-246